PROFIL

 

PROFIL SEKOLAH

 

1.1         Gambaran Umum

1)        Nama Sekolah                        :    SMK-YPSEI Palangka Raya

2)        Status Sekolah                        :    Swasta

3)        NPSN                                     :    30203499

4)        Sekolah dibuka tahun             :    1987

5)        Pendirian Sekolah                  :

a)         Dikeluarkan oleh            :    Ka. Kanwil Dikbud Provinsi Kalimantan Tengah

b)        Nomor                             :    1717/I25/834/I.1987

c)         Tanggal                           :    25 April 1987

6)        Status Akreditasi                    :

a)         Dikeluarkan oleh             :    Badan Akreditasi Sekolah Madrasah (BAN-SM)

b)        Nomor                             :    MK. 009686

c)         Tanggal                           :    19 September 2019

d)        Peringkat                         :    Baik (B)

7)        Yayasan                                  :   

a)         Nama Yayasan                :    Yayasan Pendidikan Alumni Sarjana Ekonomi Indonesia

b)        Alamat                            :    Jl. Yos Sudarso No.15

c)         Nomor Akte Pendirian    :    V/12.DN KP 04-01/1985

d)        Tanggal Akte Pendirian  :    19 Maret 1985

1.2         Alamat Sekolah

1)        Jalan                                       :    Yos Sudarso No.15

2)        Desa                                       :    Palangka

3)        Kecamatan                             :    Jekan Raya

4)        Kota                                       :    Palangka Raya

5)        Provinsi                                  :    Kalimantan Tengah

6)        Kode Pos                                :    73111

7)        Nomor Telepon                      :    0536-3223893

8)        Nomor Fax                             :    0536-3223893

9)        Email                                      :    smkiseipraya@gmail.com

10)    Website                                  :    http://smkypseipalangkaraya.hol.es/

 

1.3         Kompetensi Kejuruan yang Sudah Ada

A.    OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN

1)        Bidang Studi Keahlian      :    Bisnis dan Manajemen

2)        Program Studi Keahlian    :    Manajemen Perkantoran

3)        Kompetensi Keahlian        :    Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran

4)        Nomor SK Dirjen              :    1717/I.25/834/I/1987

B.     TATA BOGA

1)      Bidang Studi Keahlian      :    Pariwisata

2)      Program Studi Keahlian    :    Kuliner

3)      Kompetensi Keahlian        :    Tata Boga

4)      Nomor SK Kadisdik         :    425.1/1198/PSMK-02/VI/2019

 

1.4         Kegiatan Belajar Mengajar

1)        Waktu penyelenggaraan KBM   :    Pagi (6 hari)

2)        Jumlah rombongan belajar          :    6 Rombel

3)        Kegiatan ekstrakurikuler             :    Pramuka, Seni Tari dan Musik Tradisional, Olahraga, Rohis dan Karate

 

2.5         Visi dan Misi

1)        Visi

Menjadi SMK yang berkualitas dan menghasilkan lulusan yang siap kerja, mandiri dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2)        Misi

a)    Meningkatkan kualitas organisasi dan manajemen sekolah dalam menumbuhkan semangat keunggulan dan kompetitif.

b)   Meningkatkan kualitas KBM dalam mencapai kompetensi siswa berstandar nasional / internasional;

c)    Meningkatkan kualitas kompetensi guru dan pegawai dalam mewujudkan standar pelayanan minimal;

d)   Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana pendidikan;

e)    Meningkatkan kemitraan dengan DU/DI;

f)    Mengembangkan kurikulum sesuai dengan standar nasional;

g)   Menghasilkan lulusan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menguasai teknologi, terserap di dunia usaha/industri secara global, mandiri dan mampu bersaing untuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

 

1.6         Tujuan Sekolah

1)        Tujuan Jangka Pendek

a)    Meningkatkan dan mengoptimalkan program pengembangan diri untuk membentuk peserta didik menjadi insan yang berbudaya, berbudi pekerti luhur, berakhlak mulia dan bertakwa kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa dan mampu berprestasi di bidang akademik dan non akademik.

b)   Mengintegrasikan keunggulan lokal dalam pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan melalui penerapan berbagai model dan metode pembelajaran serta penggunaan media dan bahan ajar yang tepat;

c)    Memiliki perangkat pembelajaran dan pedoman penilaian yang disusun mandiri oleh tim MGMP sekolah melalui identifikasi SI dan SKL dengan mengintegrasikan keunggulan lokal;

d)   Menyelenggarakan pelatihan pengembangan bahan ajar yang mengintegrasikan keunggulan lokal dengan berbasiskan TIK dan ketrampilan bagi pendidik dan tenaga kependidikan;

e)    Melengkapi ruang belajar sesuai dengan standar;

f)    Memiliki ruang-ruang praktik dan peralatan yang sesuai dengan standar;

g)   Membekali peserta didik agar memiliki kemampuan di bidang teknologi, informasi dan komunikasi, kemampuan sosial serta mampu mengembangkan diri sendiri untuk terjun di masyarakat;

h)   Membekali peserta didik agar memiliki wawasan yang luas di segala bidang, sehingga mampu bersaing untuk memasuki pendidikan di Perguruan Tinggi;

i)     Mewujudkan kerjasama yang harmonis antara sekolah, masyarakat dan dunia usaha/industri.

2)        Tujuan Jangka Panjang

a)    Meningkatkan layanan mutu pendidikan dan menghasilkan lulusan yang berkualitas, berbudaya, berbudi pekerti luhur, berakhlak mulia dan bertakwa kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa yang mampu berpartisipasi dan berprestasi dilingkungan sekitar;

b)   Menyelenggarakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif dengan mengintegrasikan keunggulan lokal berbasiskan IPTEK untuk mengoptimalkan potensi dan prestasi siswa;

c)    Meningkatkan kompetensi dan ketrampilan pendidik dan tenaga kependidikan serta peserta didik dalam berkomunikasi bahasa asing dan merespon perkembangan IPTEK;

d)   Memiliki sarana dan prasarana pembelajaran dan pengembangan diri yang standar dan memadai dalam rangka mendukung dan mengoptimalkan program kerja sekolah secara efektif dan efisien;

e)    Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, serta kompetensi yang memadai serta jiwa kewirausahaan agar mampu mengembangkan diri di kemudian hari baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi;

f)    Terciptanya pola kerja sama dan hubungan yang harmonis antara sekolah dengan orang tua, alumni, masyarakat dan instansi di lingkungan sekolah.

 

1.7         Data siswa

1)        Jumlah siswa tahun pelajaran 2022-2023

KOMPETENSI KEAHLIAN

ROMBEL

SISWA

JUMLAH SISWA

X

XI

XII

X

XI

XII

L

P

JLH

L

P

L

P

L

P

TATA BOGA

1

1

1

5

1

0

7

1

1

6

9

15

OTKP

1

1

1

8

18

10

22

8

7

26

47

73

JUMLAH

2

2

2

13

19

10

29

9

8

32

56

88

 

2)        Jumlah siswa 5 (lima) tahun terakhir

 

1.8         Data Guru

Kelompok

Jenis Kelamin

Jumlah

L

P

Muatan Nasional

3

8

11

Muatan Kewilayahan

1

1

2

Muatan Peminatan Kejuruan

3

5

8

Total

7

14

21

 

 

 

 

ANALISIS SWOT

pengembangan sekolah

 

 

2.1         Potensi (Strength)

1)   Sumber Daya Manusia

Memiliki 21 tenaga guru dengan perincian sebagai berikut:

Tenaga Guru

PNS

GTT

GTY

Jumlah

Guru Muatan Nasional

6

3

2

11

Guru Muatan Kewilayahan

0

2

0

2

Guru Muatan Peminatan Kejuruan

4

0

4

8

Total

10

5

2

21

 

2)   Latar Belakang Pendidikan Guru

Memiliki guru dengan latar belakang S2 dan S1, dengan perincian sebagai berikut:

Tenaga Guru

S1

S2

S3

Jumlah

Guru Muatan Nasional

10

1

0

12

Guru Muatan Kewilayahan

1

1

0

2

Guru Muatan Peminatan Kejuruan

7

0

1

8

Total

18

2

1

21

 

3)   Lokasi Strategis

SMK-YPSEI Palangka Raya berada di Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya. Lokasi yang berada di pusat kota dekat dengan Perguruan Tinggi/Sekolah Tinggi maupun Dunia Usaha/Industri.

 

4)   Dukungan Orang Tua Peserta Didik

Dukungan orang tua peserta didik sangat besar terhadap upaya pengembangan sekolah.

5)   Komite Sekolah

Komite sekolah telah turut serta berperan dalam proses pendidikan/latihan, praktek, pengujian dan sertifikasi lulusan.

 

2.2         Kelemahan  (Weakness)

1)   Motivasi

Motivasi yang dimiliki guru untuk mengoptimalkan kinerja yang lemah karena berbagai faktor internal dan eksternal. Guru yang “masa bodoh” dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan kemajuan sekolah, dan visi jauh ke depan senantiasa harus diingatkan oleh guru – guru yang menghendaki adanya perubahan.

2)   Pemahaman Visi dan Misi

Terdapat kekeliruan pemahaman misi dan visi sekolah menengah kejuruan yang dianggap tak berbeda dengan sekolah umum. Padahal sesuai dengan tujuan Sekolah Kejuruan adalah mempersiapkan tenaga kerja menengah trampil yang dibutuhkan oleh dunia usaha/industri.

3)   Jurusan

Sampai saat ini SMK-YPSEI Palangka Raya hanya memiliki dua Program Keahlian yaitu Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran dan juga Program Keahlian Tata Boga. Hal ini tentu saja menjadi kendala untuk pengembangan dan kemajuan sekolah.

4)   Dana

Diperlukan dana yang besar untuk pengembangan kualitas pendidikan/latihan disebabkan mahalnya bahan/alat yang berteknologi tinggi. Komputer, LCD Projector, dan Laptop adalah salah satu perangkat yang mempunyai nilai tinggi.


Komentar