PROFIL
PROFIL
SEKOLAH
1.1
Gambaran Umum
1)
Nama Sekolah : SMK-YPSEI Palangka Raya
2)
Status Sekolah : Swasta
3)
NPSN : 30203499
4)
Sekolah dibuka tahun : 1987
5)
Pendirian Sekolah :
a)
Dikeluarkan oleh : Ka.
Kanwil Dikbud Provinsi Kalimantan Tengah
b)
Nomor : 1717/I25/834/I.1987
c)
Tanggal : 25
April 1987
6)
Status Akreditasi :
a)
Dikeluarkan oleh : Badan
Akreditasi Sekolah Madrasah (BAN-SM)
b)
Nomor : MK.
009686
c)
Tanggal : 19 September 2019
d)
Peringkat : Baik (B)
7)
Yayasan :
a)
Nama Yayasan : Yayasan Pendidikan Alumni Sarjana Ekonomi Indonesia
b)
Alamat : Jl.
Yos Sudarso No.15
c)
Nomor Akte Pendirian : V/12.DN
KP 04-01/1985
d)
Tanggal Akte Pendirian : 19
Maret 1985
1.2
Alamat Sekolah
1)
Jalan : Yos Sudarso No.15
2)
Desa : Palangka
3)
Kecamatan : Jekan Raya
4)
Kota : Palangka Raya
5)
Provinsi : Kalimantan
Tengah
6)
Kode Pos : 73111
7)
Nomor Telepon : 0536-3223893
8)
Nomor Fax : 0536-3223893
9)
Email : smkiseipraya@gmail.com
10)
Website : http://smkypseipalangkaraya.hol.es/
1.3
Kompetensi Kejuruan yang Sudah Ada
A.
OTOMATISASI TATA KELOLA
PERKANTORAN
1)
Bidang Studi Keahlian : Bisnis
dan Manajemen
2)
Program Studi Keahlian : Manajemen
Perkantoran
3)
Kompetensi Keahlian : Otomatisasi
dan Tata Kelola Perkantoran
4)
Nomor SK Dirjen : 1717/I.25/834/I/1987
B. TATA BOGA
1)
Bidang Studi Keahlian : Pariwisata
2)
Program Studi Keahlian : Kuliner
3)
Kompetensi Keahlian : Tata
Boga
4)
Nomor SK Kadisdik : 425.1/1198/PSMK-02/VI/2019
1.4
Kegiatan Belajar
Mengajar
1)
Waktu penyelenggaraan KBM : Pagi
(6 hari)
2)
Jumlah rombongan belajar : 6
Rombel
3) Kegiatan ekstrakurikuler : Pramuka, Seni Tari dan Musik Tradisional, Olahraga, Rohis dan Karate
2.5
Visi dan Misi
1)
Visi
Menjadi SMK yang berkualitas dan menghasilkan lulusan yang siap
kerja, mandiri dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2)
Misi
a)
Meningkatkan kualitas
organisasi dan manajemen sekolah dalam menumbuhkan semangat keunggulan dan
kompetitif.
b)
Meningkatkan kualitas KBM dalam
mencapai kompetensi siswa berstandar nasional / internasional;
c)
Meningkatkan kualitas
kompetensi guru dan pegawai dalam mewujudkan standar pelayanan minimal;
d)
Meningkatkan kualitas dan
kuantitas sarana dan prasarana pendidikan;
e)
Meningkatkan kemitraan dengan
DU/DI;
f)
Mengembangkan kurikulum sesuai
dengan standar nasional;
g)
Menghasilkan lulusan yang
beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menguasai teknologi, terserap
di dunia usaha/industri secara global, mandiri dan mampu bersaing untuk ke
jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
1.6
Tujuan Sekolah
1)
Tujuan Jangka Pendek
a)
Meningkatkan dan mengoptimalkan
program pengembangan diri untuk membentuk peserta didik menjadi insan yang
berbudaya, berbudi pekerti luhur, berakhlak mulia dan bertakwa kepada Allah
Tuhan Yang Maha Esa dan mampu berprestasi di bidang akademik dan non akademik.
b)
Mengintegrasikan keunggulan
lokal dalam pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan
menyenangkan melalui penerapan berbagai model dan metode pembelajaran serta
penggunaan media dan bahan ajar yang tepat;
c)
Memiliki perangkat pembelajaran
dan pedoman penilaian yang disusun mandiri oleh tim MGMP sekolah melalui
identifikasi SI dan SKL dengan mengintegrasikan keunggulan lokal;
d)
Menyelenggarakan pelatihan
pengembangan bahan ajar yang mengintegrasikan keunggulan lokal dengan
berbasiskan TIK dan ketrampilan bagi pendidik dan tenaga kependidikan;
e)
Melengkapi ruang belajar sesuai
dengan standar;
f)
Memiliki ruang-ruang praktik
dan peralatan yang sesuai dengan standar;
g)
Membekali peserta didik agar
memiliki kemampuan di bidang teknologi, informasi dan komunikasi, kemampuan
sosial serta mampu mengembangkan diri sendiri untuk terjun di masyarakat;
h)
Membekali peserta didik agar
memiliki wawasan yang luas di segala bidang, sehingga mampu bersaing untuk
memasuki pendidikan di Perguruan Tinggi;
i)
Mewujudkan kerjasama yang
harmonis antara sekolah, masyarakat dan dunia usaha/industri.
2)
Tujuan Jangka Panjang
a)
Meningkatkan layanan mutu
pendidikan dan menghasilkan lulusan yang berkualitas, berbudaya, berbudi pekerti
luhur, berakhlak mulia dan bertakwa kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa yang mampu
berpartisipasi dan berprestasi dilingkungan sekitar;
b)
Menyelenggarakan pembelajaran
dan bimbingan secara efektif dengan mengintegrasikan keunggulan lokal
berbasiskan IPTEK untuk mengoptimalkan potensi dan prestasi siswa;
c)
Meningkatkan kompetensi dan
ketrampilan pendidik dan tenaga kependidikan serta peserta didik dalam
berkomunikasi bahasa asing dan merespon perkembangan IPTEK;
d)
Memiliki sarana dan prasarana
pembelajaran dan pengembangan diri yang standar dan memadai dalam rangka
mendukung dan mengoptimalkan program kerja sekolah secara efektif dan efisien;
e)
Membekali peserta didik dengan
ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, serta kompetensi yang memadai serta jiwa
kewirausahaan agar mampu mengembangkan diri di kemudian hari baik secara
mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi;
f)
Terciptanya pola kerja sama dan
hubungan yang harmonis antara sekolah dengan orang tua, alumni, masyarakat dan
instansi di lingkungan sekolah.
1.7
Data siswa
1)
Jumlah siswa tahun pelajaran 2022-2023
KOMPETENSI KEAHLIAN |
ROMBEL |
SISWA |
JUMLAH SISWA |
|||||||||
X |
XI |
XII |
X |
XI |
XII |
L |
P |
JLH |
||||
L |
P |
L |
P |
L |
P |
|||||||
TATA BOGA |
1 |
1 |
1 |
5 |
1 |
0 |
7 |
1 |
1 |
6 |
9 |
15 |
OTKP |
1 |
1 |
1 |
8 |
18 |
10 |
22 |
8 |
7 |
26 |
47 |
73 |
JUMLAH |
2 |
2 |
2 |
13 |
19 |
10 |
29 |
9 |
8 |
32 |
56 |
88 |
2)
Jumlah siswa 5 (lima) tahun
terakhir
1.8
Data Guru
Kelompok |
Jenis Kelamin |
Jumlah |
|
L |
P |
||
Muatan Nasional |
3 |
8 |
11 |
Muatan Kewilayahan |
1 |
1 |
2 |
Muatan Peminatan Kejuruan |
3 |
5 |
8 |
Total |
7 |
14 |
21 |
ANALISIS
SWOT
pengembangan
sekolah
2.1
Potensi (Strength)
1) Sumber Daya Manusia
Memiliki 21 tenaga guru dengan perincian sebagai berikut:
Tenaga Guru |
PNS |
GTT |
GTY |
Jumlah |
Guru Muatan Nasional |
6 |
3 |
2 |
11 |
Guru Muatan Kewilayahan |
0 |
2 |
0 |
2 |
Guru Muatan Peminatan Kejuruan |
4 |
0 |
4 |
8 |
Total |
10 |
5 |
2 |
21 |
2) Latar Belakang Pendidikan
Guru
Memiliki guru dengan latar belakang S2 dan S1, dengan perincian sebagai
berikut:
Tenaga Guru |
S1 |
S2 |
S3 |
Jumlah |
Guru Muatan Nasional |
10 |
1 |
0 |
12 |
Guru Muatan Kewilayahan |
1 |
1 |
0 |
2 |
Guru Muatan Peminatan Kejuruan |
7 |
0 |
1 |
8 |
Total |
18 |
2 |
1 |
21 |
3) Lokasi Strategis
SMK-YPSEI Palangka Raya berada di Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Jekan
Raya Kota Palangka Raya. Lokasi yang berada di pusat kota dekat dengan
Perguruan Tinggi/Sekolah Tinggi maupun
Dunia Usaha/Industri.
4) Dukungan Orang Tua Peserta
Didik
Dukungan orang tua peserta didik sangat besar terhadap upaya
pengembangan sekolah.
5) Komite Sekolah
Komite sekolah telah turut serta berperan dalam proses
pendidikan/latihan, praktek, pengujian dan sertifikasi lulusan.
2.2
Kelemahan (Weakness)
1) Motivasi
Motivasi
yang dimiliki guru untuk mengoptimalkan kinerja yang lemah karena berbagai
faktor internal dan eksternal. Guru yang “masa bodoh” dengan perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi, dengan kemajuan sekolah, dan visi jauh ke depan
senantiasa harus diingatkan oleh guru – guru yang menghendaki adanya perubahan.
2) Pemahaman
Visi dan Misi
Terdapat
kekeliruan pemahaman misi dan visi sekolah menengah kejuruan yang dianggap tak
berbeda dengan sekolah umum. Padahal sesuai dengan tujuan Sekolah Kejuruan
adalah mempersiapkan tenaga kerja menengah trampil yang dibutuhkan oleh dunia
usaha/industri.
3)
Jurusan
Sampai saat
ini SMK-YPSEI Palangka Raya hanya memiliki dua Program Keahlian yaitu Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran dan juga Program Keahlian Tata Boga. Hal ini tentu
saja menjadi kendala untuk pengembangan dan kemajuan sekolah.
4) Dana
Diperlukan
dana yang besar untuk pengembangan kualitas pendidikan/latihan disebabkan
mahalnya bahan/alat yang berteknologi tinggi. Komputer, LCD Projector, dan
Laptop adalah salah satu perangkat yang mempunyai nilai tinggi.
Komentar
Posting Komentar